Saturday, January 31, 2015

Jalanan di Muna Mirip Tenteng, Baru Dibuat Sudah Hancur




Image
Jalanan mirip Tenteng. Foto: google

Jalan raya tepat di depan kantor KPUD Muna, baru saja selesai diaspal tahun lalu. Namun kondisinya kini sudah mengalami kerusakan yang amat parah.

Material aspal sudah berhamburan, diperparah lagi dengan munculnya lubang di tengah jalan. Hal ini menyulitkan para pengendara melalui jalan tersebut, baik roda dua maupun empat. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang. Jika tidak hati hati, ban motor akan tergelincir.
Padahal proyek pengaspalan jalan tersebut baru dikerjakan tahun 2014. Tak jauh berbeda dengan beberapa titik jalan lainnya. Tak pelak mendapat sorotan dari anggota DPRD Muna. Sekretaris Komisi III DPRD Muna, Darmin, meminta pemerintah daerah dalam hal ini Dinas PU, agar lebih selektif menunjuk kontraktor.

"Kalau bisa pemerintah jangan asal main tunjuk kontraktor. Harus profesional. Masa baru berapa hari diaspal, jalan sudah rusak begitu. Cari kontraktor yang bisa kerja," ujar Darmin kepada SULTRAKINI.com.

Politisi Gerindra ini menduga, jalanan dikerjakan hanya menyusun kerikil, lalu disiram aspal begitu saja tanpa mempertimbangkan bobot kendaraan yang melewatinya. Akibatnya mudah rusak. Darmin menyebutnya mirip Tenteng (kue tradisional yang terbuat dari kacang dan gula merah).

"Modelnya sudah kaya Tenteng," ketusnya. "Jalanan ini sering dilewati mobil besar. Jalanan seperti Tenteng begitu pasti cepat rusak kalau tiap hari dilewati kendaraan," tambahnya.

Sementara pelaksana tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Muna, La Ode Bou, mengakui ketidakberesan pekerjaan itu. Menurutnya, dirinya terpaksa harus menahan 20 persen anggaran proyek pengaspalan di Jalan Pendidikan Kelurahan Mangga Kuning Kecamatan Katobu itu.

Ia juga mengaku sudah meminta kontraktor yang menangani proyek tersebut agar sesegera mungkin menambal aspal yang rusak sesuai dengan tenggat waktu pemeliharaan jalan.

Kontributor: Fatma Fariki
Editor: Gugus Suryaman


EmoticonEmoticon