Thursday, June 18, 2015

TIPS mengelola TOKO Online





1. TOKO OL bagi penjual OL adalah sesuatu yang kudu dimiliki. Membangun Toko OL tidak boleh sembarangan, karena beda TOKO OL, beda laris nya, beda juga REJEKI nya. maka TOKO OL kita harus bener2 bagus.

2. TOKO OL yang paling mudah dibuat adalah Akun Facebook, tapi juga ada kelemahannya, yaitu... Susah jualan Via FACEBOOK. sering kena blokir.
Jadi yang punya akun Facebook untuk jualan mesti hati2 bin waspada dalam mengelola nya, jangan sampai kena Blokir.
Akun Facebook akan kena Blokir JIka : ADD teman terlalu sering, share foto terlalu sering, taq foto terlalu sering, dan semua aktivitas yang menurut facebook tidak normal akan berpotensi kena blokir. karena FACEBOOK tidak mengijinkan kita berjualan menggunakan akun facebook. DILARANG atau menurut facebook itu hukumnya Haram
begitu juga kalau kita share Foto dari akun facebook kita, hanya sekitar 5% dari jumlah teman akun facebook kita. misal saya punya teman di akun facebook ada 1.000 orang, maka setiap kali saya share foto, paling hanya 50-100 orang yang akan melihat foto yang saya share.
padahal sekarang menambah teman sampai 1.000 itu susah bingiiit
Facebook "mempersulit" pengguna akun facebook untuk berjualan secara ilegal, beruntung pemilik akun facebook yang sudah terlanjur temannya banyak..,bersyukur. tapi kalau member kita diminta bikin akun facebook sekarang, sudah pasti sulit untuk bisa cepat mendapatkan jumlah teman banyak.
begitulah kalau TOKO OL kita menggunakan akun Facebook, butuh kesabaran dalam menambah jumlah teman, perlahan... tapi tentu karena pelan2 hasilnya juga akan perlahan dapatnya.
Ada kelebihan Jualan pakai Akun Facebook karena mudah dibuat, familiar, tidak bayar. namun ada juga kelemahannya, sering di blokir, dan dibatasi "gerak gerik" nya oleh facebook.
bagi yang jualan dengan Facebook, ada beberapa Tips yang perlu diperhatikan :
a. Pada Keterangan Profile di akun facebook kita, buatlah semenarik mungkin yang menceritakan kita sebagai pribadi dan sebagai pedagang yang berkesan Jujur.
isi data nama lengkap, alamat, no telpon, sekolah sd-smp-sma dimana, bahkan kuliah dimana diisi. semuanya diisi lengkap. karena calon pembeli akan melihat profile siapa sih penjual nya? kalau mereka percaya, maka mereka akan dengan mudah membeli.
b. Jangan lupa settingan Public agar semua orang bisa melihat akun facebook kita ya.
c. seting agar kalau ada orang yang taq foto ke kita tidak langsung muncul di akun facebook kita, harus kita aprove dulu baru muncul. jadi nda usah khawatir kalau ada yang taq kita
d. Jangan pakai nama Alay ya, pakai nama sendiri untuk akun facebook kita itu bagus. namanya biar mudah dicari oleh calon pembeli.
e. Gunakan Foto asli di foto profile, jangan foto keranjang (troly) atau foto yang tidak menunjukkan diri kita, misal foto sendiri, atau foto dengan suami atau istri, atau foto anak, foto bersama anak, dan ada beberapa foto lain. bersikap lah sebagai pembeli, kira2 apa yang akan dilakukan oleh calon pembeli ketika akan membeli? salah satunya adalah mengecek siapa yang menjual. pembeli kan tidak mau tertipu
f. update status yang berguna untuk orang lain, serpti informasi bermanfaat, jangan HOAX (info yang tidak jelas atau belum terbukti kebenarannya), tips seperti tips mencuci baju bahan jersey, tips memasak, tips jualan, dll. update status yang bermanfaat.
g. jangan update fotooooo jualaaaaan terus.... seakan2 FB nya "mati" tidak ada pemiliknya karena isinya barang jualan semua. selalu beri space untuk status pribadi.
h. selalu berkomunikasi dengan teman di facebook, membuat facebook kita hidup, karena kita bersosial dengan teman facebook. balas semua komentar di status kita, ucapkan terimakasih untuk yang sudah like, sapa di pagi-siang atau malam. HIDUP kan facebook kita.
"""""""
Facebook (yang pribadi) sering untuk saya tuliskan aktivitas, tips, nasihat (terutama untuk diri sendiri), dan alhamdulillah FB nya HIDUP, banyak yang PM dan ngobrol tentang apa yang saya tulis. saya selalu mencoba menulis status yang pendek kalimatnya namun bermakna, tidak terlalu panjang karena kebanyakan kita tidak tahan membaca tulisan yang panjang. bacanya paragraf pertama, langsung cari kesimpulan
"""""""
i. jangan gunakan akun facebook untuk curhat, marah-marah atau galau berlebihan ya friends perlihatkan bahwa diri kita memancarkan semangat dan energy positif, meskipun sebagai manusia kita juga terkadang dalam kondisi galau atau tidak mood.
j. ikuti group2 FB yang bagus2 karena banyak informasi penting didalamnya untuk saling kenalan dengan anggota group lain ya..
k. jadilah pribadi yang menyenangkan... sapa orang, ramah, buatlah jaringan dengan FB kita. jangan hanya add teman2 yang kita sudah kenal di dunia nyata saja, tapi add lah semua teman2 lain yang juga belum kita kenal sebelumnya, karena memang fungsi FB adalah untuk membangun jaringan, yang tadinya belum saling kenal menjadi kenal. bangunlah jaringan ya Sis
l. boleh taqqing, tapi harus diimbangi dengan perbanyak status yang membuat hidup akun facebook ya. biar FB nya nda hanya taq dan share foto jualan doang hee... kita sendiri kalau berteman dengan FB yang isinya jualan terus, kita kagak mau juga hee... ogah 
m. bersihkan teman2 di facebpok yang tidak potensial dan tambah yang potensial secara rutin, misal pekanan atau bulanan. teman yang tidak potensial misal yang juga jualan, yang alay, yang suka marah2 isi statusnya, yang kagak jelas... mereka dibuang kelaut aje hee.. dihapus nda apa. dan tambah terus teman2 facebook yang potensial ya.
n. sering lakukan fb walking, jalan jalan melihat akun facebook lain milik teman fb kita atau akun facebook jualan lain, lalu perhatikan apa kelebihan mereka dan apa kekurangan mereka, kita tiru yang bagusnya dan hindari yang jeleknya...
!!!! semua point2 ini selalu saya lakukan ketika berjualan, sejak tahun 2009. lama juga ya jualan OL nya hee... harus perlahan2 jualan kalau pakai akun facebook. nambah temannya jangan pakai napsu ya, pelan2 saja (katanya grup band kotak)
pekan depan saya akan menyampaikan cara jualan dengan TOKO OL FANS PAGE.
lalu belajar lagi jualan pakai Instagram. ada teman saya jualan di instagram sehari bisa 50an paket... ada ilmu nya semua...
hari ini kita catat, share ke member kita, dan benerin akun facebook jualan kita dulu agar bener dan laris akun facebooknya ya. beda akun facebook, beda juga kelarisannya.
semakin bagus toko akun facebook kita kelola, semakin banyak pembelinya.
logikanya, semakin banyak Toko yang kita miliki akan semakin besar peluang terjadi penjualan, cuma memang kalau tokonya banyak, sebaiknya mengurusnya semua toko tidak sendirian, butuh asisten.
Sekian penjelasannya, semoga ada yang merangkum dan memudahkan member yang lain untuk bisa membaca secara perlahan dan memahami.

SEMANGAT !!!!! 😅

Oleh: Fitra Jaya Saleh 


EmoticonEmoticon