Wednesday, January 4, 2017

BEASISWA AGROINDUSTRI DI UNILAKI





Setelah berhasil dengan Beasiswa Cerdas Sultraku di Universitas Islam Sultan Agung, kini Prof. Dr. Laode Masihu Kamaluddin, M.Sc, M.Eng kembali mendesain restorasi pendidikan, yaitu Beasiswa Agroindustri di Universitas Lakidende Unaaha. Sebagai rektor Unilaki, beliau Prof Laode, demikian sapaan akrabnya, tentu sangat menginginkan Universitas Lakidende menjadi kampus papan atas yang mampu bersaing secara global. Nama Unilaki awalnya jarang terdengar di masyarakat Sulawesi Tenggara. Namun kehadiran Professor Laode sebagai rektor membawa nuansa baru tersndiri bagi Unilaki.
Berbagai kerja sama telah ia jalin, salah satunya bekerja sama dengan Walikota Yeongwol Korea Selatan dalam hal agroindustri. Unilaki sebagai penghasil dan penyedia Sumber Daya Manusia (SDM) akan melakukan kerja sama pembangunan agroindustri di 4 kawasan yakni Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, dan Kolaka Timur. Rencananya, beasiswa ini akan diberikan kepada 20 orang siswa terbaik masing-masing kabupaten selama dalam kurun waktu 5 tahun, sehingga kelak akan dihasilkan 400 sarjana pertanian bidang agroindustri yang siap membangun daerahnya masing-masing.
Saat ini Unilaki sudah bekerja sama dengan dua Pemkab di Sultra, Koltim dan Konut untuk pemberian beasiswa, selajutnya akan menyusul Konsel dan Konawe. Menurut Prof Laode bahwa kerja sama antara Pemkab dan Unilaki dapat membantu dalam pengembangan Agroindustri masing-masin kabupaten, dan mendorong daerah dalam mengembangkan SDM yang berkualitas. Karena menurut Mantan Ketua Forum Rektor Indonesia ini, mereka akan didik langsung oleh tenaga ahli dari kota Yeongwol Korea Selatan, setelah itu 10 terbaik dari masing-masing kabupaten akan dipilih dan dikirim ke Yeongwol untuk melihat langsung proses agroindustri melalui sistem Green House di negeri gingseng tersebut

“Dengan kerja sama ini kita dapat mengutus pemuda atau pelajar koltim yang miskin tapi berprestasi untuk kuliah di Unilaki yang seluruh pembiayaannya ditanggung oleh pemerintah, kemudian kami juga berharap bahwa Unilaki yang telah menjalin kerja sama dengan Universitas di Korea dapat melakukan transfer Knowledge terhadap generasi muda Koltim”, ujar Tony Herbiansyah saat ditemui di Aula Bappeda dalam penandatanganan MoU dengan Unilaki. (red/Jubirman).


EmoticonEmoticon