Monday, June 20, 2016

6 Cara Melindungi WhatsApp dari Penyadapan

6 Cara Melindungi WhatsApp dari Penyadapan
Penyedia jasa layanan media sosial (medsos) WhatsApp memang telah memberikan layanan privasi secara gratis untuk penggunanya.
WhatsApp memberikan perlindungan data, yaitu dengan enkripsi. Enkripsi adalah teknik manipulasi data dengan kode yang bertujuan untuk melindungi data penting dan mencegah akses yang tidak diinginkan.
Dengan enkripsi ini, pengguna dapat melihat konten, baik itu teks, gambar, video, kontak, yang sudah dikirimkan kepada sesama pengguna WhatsApp, namun data-data tersebut tidak dapat diakses oleh WhatsApp sendiri.
“Mulai hari ini, pengguna akan melihat pengumuman pada setiap jendela percakapan, baik itu percakapan pribadi atau antar-grup, bahwa segala konten yang mereka kirimkan akan terenkripsi,” kata Whisper, developer WhatsApp.
“Status enkripsi juga dapat terlihat di bawah jendela percakapan,” tambahnya.
WhatsApp mengadopsi sistem enkripsi ini sejak kasus Apple diminta oleh FBI untuk membuka sistem privasi ponsel milik teroris di San Bernardino, California.
Dalam sengketa itu, Co-Founder WhatsApp, Jan Koum mengatakan bahwa ia mendukung Apple untuk mempertahankan perlindungan data penggunanya. Maret lalu, WhatsApp menjadi target pengadilan AS untuk membuka privasi penggunanya.
Untuk dapat menikmati layanan enkripsi data ini, pengguna harus upgrade aplikasi. Jika masih ada pengguna yang belum memperbarui WhatsApp.
WhatsApp masih akan menunjukan pesan enkripsi pada jendela chat penggunanya. Status enkripsi akan hilang bila semua orang sudah upgrade aplikasi WhatsApp.
Pengguna juga dapat melakukan verifikasi pesan enkripsi ini dengan scanning QR code.
Pada akhirnya nanti, karyawan WhatsApp tidak akan bisa mengakses pesan yang dikirimkan penggunanya, bahkan jika diminta oleh pengadilan

Selain Itu sebagai pengamanan tambahan langkah terakhir adalah mengamankan akun WhatsApp dari orang-orang tidak berkempentingan dengan cara Verifikasi 2 langkah yaitu dengan cara :

1. Pertama pilih menu setelan atau pengaturan kemudian pilih Akun


2. Kedua akan muncul tampilan menu akun,sebagai berikut :


 Pilih Verifikasi dua langkah

3. langkah Ketiga Pilih Aktifkan..

4. Langkah 4 masukkan 6 digit pin anda, catatan 6 digit pin anda harus diingat
kemudian untuk mengkonfirmasi masukkan lagi 6 digit pin anda kembali..

5. langkah ke 5 masukkan alamat email anda untuk konfirmasi apabila suatu saat pin anda dirubah.

6. Langkah terakhir verifikasi 2 langkah anda telah selesai

* Penting diingat 6 Digit pin WhatsApp anda digunakan apabila WA anda beberapa hari tidak dibuka atau WA anda tidak diaktifkan dalam waktu lama sehingga apabila di buka kembali kode 6 digit tersebut diperlukan untuk verifikasi kembali atau No handphone anda didaftarkan WhatsApp lagi diperangkat yang berbeda.

Selain itu Untuk melindungi WhatsApp dari penyadapan, berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

Gunakan pengaturan privasi yang tepat: Pastikan bahwa Anda telah mengatur pengaturan privasi WhatsApp dengan benar, seperti memblokir orang yang tidak diinginkan atau menyembunyikan status online Anda.

  1. Gunakan enkripsi end-to-end: WhatsApp menggunakan enkripsi end-to-end untuk memastikan bahwa pesan yang dikirim hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima. Pastikan bahwa enkripsi end-to-end telah diaktifkan pada pengaturan privasi WhatsApp Anda.
  2. Gunakan kode verifikasi: Anda dapat mengaktifkan fitur kode verifikasi di WhatsApp untuk memastikan bahwa hanya Anda yang dapat mengakses akun WhatsApp Anda.
  3. Gunakan aplikasi VPN: Dengan menggunakan aplikasi VPN (Virtual Private Network), Anda dapat menyembunyikan alamat IP Anda dan melindungi data yang Anda kirim dan terima melalui internet.
  4. Gunakan aplikasi pemulihan pesan: Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan pesan untuk membackup dan memulihkan pesan WhatsApp yang dihapus. Ini akan membantu Anda untuk mengamankan pesan yang penting dari kehilangan atau penyadapan.

BACA JUGA : Cara Mengetahui Handphone Disadap


EmoticonEmoticon