Saturday, September 24, 2016

Makam Dan Benteng La Kokuli



Makam dan Benteng La Kokili di Kel. Wali Kab. Muna ini telah diregister oleh Badan Pengelola Cagar Budaya Wilayah Makassar.
Benteng Lakokuli terletak di atas ketinggian dengan view kearah timur wilayah perairan Selat Buton dan sepanjang pesisir Kota Raha ( Ibukota Kab. Muna ). Akses jalan menuju benteng dengan menyusuri dinding tebing yang luasnya hanya setelapak kaki orang dewasa. Seperti yang dikisahkan dalam tradisi lisan masyarakat Watopute, jalan tersebut digunakan oleh La Kokuli sebagai jalan naik dan turun bentengnya dengan menunggang kuda kesayangannya.
Masih menurut tradiai lisan masyarakat Watopute, La Kokuli adalah seorang satria yang gagah berani dan disegani oleh musuh/ bajak laut yang sering mengacau disekitar perairan Kerajaan Wuna/Muna.
Dalam melakukan aksi-aksi heroiknya, selain menunggang kuda La Kokuli memiliki sebuah pedang yang sangat tajan. Pedang La Kokuli tersebut sampai saat ini masih di simpan oleh ahliwarisnya. Pedang teraebut sangat tipis. Saking tipisnya pedang tersebut dapat di jadikan sabuk pinggang atau Kampurui yakni sejenis penutup kepala khas masyarakat Muna.
  


EmoticonEmoticon