Tuesday, April 18, 2017

Saraba VS Pisang Epe Kuliner Khas Sulawesi




Saraba banyak orang  menyebutnya dan memang  namanya memang saraba nama yang tidak asing di telinga para penikmat  minuman yang satu ini. kalau di jawa menyebutnya wedang jahe namun dari segi bahan bahan pembutan dibanding  dengan wedang jahe  memang berbeda . saraba minuman yang sangat enak dan menurut beberapa orang baik bagi kesehatan. karena mungkin bahan  utamanya berasal dari jahe yg baik buat kesehatan. 

Saraba sendiri  bukan hanya jahe sebagai bahan utama namun ada beberapa bahan lain yang tercampur didalamnya  misalnya gula merah, santan kelapa, air, dan beberapa bahan bahan lain yg menjadikan minuman ini terasa enak dan menyehatkan. dikalangan anak muda sendiri minuman ini sangat banyak digemari  dan disajikan dalam suasana santai dan dingin. termaksuk saya sendiri minuman ini rekomendasi sekali apabila berkunjung ke kendari atau pun di daerah daerah lain yang ada di Sulawesi tenggara. rasanya manis dan mengobati kegalauan  sebagai seorang  “Jofisa” istilah tren dikalanagan anak muda..haha

Tidak kalah enaknya lagi.. saraba sangat nikmat jika di minum dengan beberapa makanan seperti pisang goreng, ubi goreng atau sejenisnya. kali ini saya tertarik mencobanya dengan  makanan yg dinamanan pisang epe seperti yang ada disamping ini. pisang yang di di lepes  dan kemudian dipangang di tungku pembakaran butuh bebera menit untuk dihidangkan dengan balutan gula merah yang telah di cairkan dan sedikit taburan  keju diatasnya menambah kenikmatan dari pisang epe ini.

Harganya  relative terjangkau satu porsi pisang epe seharga 10 ribu dengan 2 buah pisang. ditambah segelas saraba seharga 10 ribu…ya minimal siapkan uang 20 ribu untuk menikmatinya.


Jajanan ini anda bisa temui disepanjang jalan didaerah pingir sepanjang Kendari Beach banyak yang menjajakan bagi siapa saja yang ingin mencobanya sekedar mampir untuk mencoba  minum saraba   dan menikmati pisang epe yg satu ini.  menjadi  pengobat  kerinduan terhadap kampung halaman…



EmoticonEmoticon