Friday, August 31, 2018

Perkembangan Jaringan Indihome di Muna


Telkom Raha

Kabupaten Muna merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara yang belum menikmati jaringan fiber optik indihome, pemasangan dan penyambungan kabel bawah tanah menjadi masalah dan kendala saat ini. Telkom Raha sebagai provider sejak jaringan seluler berkembang kinerja dan arus bisnis ini  bahagaikan tersendat dan tidak ada perkembangan. layanan telkom yang masih di gunakan masyarakat hanyalah telpon rumah dan jaringan speedy yang kecepatan download/upload sangat lambat. 

Sampai Saat ini menurutnya pihak telkom telah melakukan pemasangan kabel bawah tanah dan pemasangan kabel tiang disetiap jalan jalan protokol seluruh kota Raha, namun jaringan indihome ini belum masuk di desa-desa  diluar kota Raha, seperti kecamatan watopute, lohia, kontunaga, dan kusambi yang belum terlihat pemasangan tiang tiang atau kabel jaringan indihome. Tahun ini masyarakat menginginkan seluruh kabupaten muna segera terkoneksi jaringan indihome.

Masyarakat yang berbisnis online masih kesulitan berjualan online karena mahalnya biaya paket data yang hanya mengandalkan jaringan seluler. Masyarakat menginginkan hadirnya jaringan indihome yang murah dan cepat untuk menutup biaya produksi bisnis mereka. Harapan masyarakat tahun 2018 ini indihome di kabupaten muna segera terkoneksi dengan cepat.

Dalam perkembanganya, sektor ini merupakan sektor yang penting dalam menunjang perkembangan sebuah daerah karena internet sendiri menjadi penyumbang 25% kemajuan daerah. Diharapkan pemerintah daerah harus memprorioritaskan percepat dan pengembangan infrastruktur jaringan fiber optik di seluruh wilayah kabupaten muna.


EmoticonEmoticon