Wednesday, June 5, 2019

11 Tips Sukses Merintis UMKM



Sukses UMKM

Merintis usaha kecil diawal tentunya selain faktor modal ada beberapa faktor yang dapat menunjang keberhasilan seatu usaha. Berikut beberapa tips-tips yang tim Cyronium rangkum dari berbagai sumber yang mungkin berguna  untuk sahabat Cyro yang baru merintis atau akan memulai usaha kecil.


1. Riset Sektor Usaha

Saat akan memulai usaha kecil cobalah riset dan cari referensi informasi tentang jenis usaha yang akan anda akan rintis tentunya dengan mempelajari beberapa kelebihan dan kekurangan usaha tersebut. Jika ada tidak mempunyai ide usaha baru yang kreatif anda bisa mempelajari dan mengamati usaha yang sudah proven dan terbukti sukses disekitar anda.

2. Mau Bekerja Keras

Jika anda merintis UMKM karena ingin mempunyai waktu luang dan bersantai-santai maka lupakanlah rencana itu, merintis UMKM membutuhkan kerja keras luar biasa saat di awal apalagi ketika anda belum mampu menggaji karyawan tentu segala seseatunya harus anda sendiri yang pikirkan dan kerjakan

3. Menguasai Produk

Anda harus menugasai produk yang anda jual baik barang atau jasa dan mengetahui manfaat nyata dari produk yang anda jual dan perbedaan dramatis kelebihan produk anda dari kompetitor.

4. Menjadi Pendengar yang Baik

Seorang yang merintis UMKM harus mampu menjadi pendengar yang baik, hal ini berlaku baik kepada pelanggan maupun supplier. Dengan menjadi pendengar yang baik anda bisa memperbaiki kekurangan dan keluhan dari pelanggan.

5. Memperkuat Relasi

Memperkuat jaringan usaha dan mendapatkan mentor bisnis adalah hal penting dalam kesuksesan, bisa dibilang ini faktor krusial dalam seatu usaha karena dengan banyak relasi anda bisa mndapatkan informasi dan peluang-peluang baru. Dan dengan mempunyai mentor bisnis anda bisa mendapatkan pelajaran hal-hal yang harus dilakukan dan yang harus di hindari agar tidak mengalami kegagalan.

6. Manajemen Waktu

Menjadi pengusaha walaupun anda tidak mempunyai atasan dan aturan SOP kantor tatap anda harus mampu mengatur jadwal dan waktu agar dapat sukses. Atur jadwal rencana dengan detail mulai dari jadwal kegiatan per bulan, mingguan, harian atau bahkan jam demi jam. Manajemen waktu adalah kunci sukses dalam bidang apapun, anda tahu apa hal penting  yang harus dilakukan dan kapan harus melakukannya.

7. Ketrampilan Komunikasi

Mampu berkomunikasi dengan baik dan luwes baik kepada pelanggan maupun supplier adalah kunci sukses merintis usaha,  tentunya juga ditunjang dengan kemampuan persuasi, promosi, selling skill dan bernegosiasi yang harus dilatih terus-menerus.

8. Memanfaatkan Teknologi dan Update Pengetahuan

Merintis usaha di zaman teknologi dewasa ini tentunya kita harus mampu memanfaatkan apapun teknologi digital terbaru yang bermanfaat dan dapat menunjang kesuksesan usaha kita.

9. Evaluasi Terus-menerus

Mungkin Amerika telah menyesal mengirim DR. Edward Deming pakar Quality Management ke Jepang selepas Perang Dunia II. Konsep Total Quality Management dan Kaizen dari Jepang dapat di implementasikan dalam merintis UMKM yaitu dengan evaluasi terus-menerus terhadap kegiatan usaha dan kualitas produk, menurut TQM proses perbaikan kualitas mutu, desain produk dan pelayanan adalah seperti proses bernafas yang siklus evaluasi perbaikannya selalu terus-menerus dan kontinu.

10. Bersikap Positif dan Berderma

Selain mampu besikap dan berpikir positif (positive thinking) seseorang yang merintis UMKM juga harus mempunyai perasaan positif (positive feeling) dalam menjalani usahanya, agar seberat apapun rintangan dan tantangan usaha dapat dilewati dengan baik. Tentunya kita sering mendengar beberapa pengusaha sukses atau milyuner yang memilih pensiun dini dan menekuni dunia amal, filantropi dan altruisme dengan nominal amal yang mereka lakukan dalam jumlah yang fantastis dan besar dan anehnya mereka tidak menjadi miskin malah bertambah kaya. Mungkin jika anda pernah mendengar keajaiban sedekah, law of attraction dan fisika quantum modern bahwa dunia ini selalu mencari titik keseimbangan baru dan kebaikan apa yang anda berikan pasti anda akan menerima kebaikan hal yang serupa walaupun mungkin bentuk, tempat dan waktunya berbeda.

11. Berdoalah

Rajin dan tidak pernah bosan berdoa kepada Tuhan adalah salah kunci sukses merintis UMKM. Dengan berdoa kita meminta diberi kekuatan, petunjuk, intuisi dan ilham untuk mendapatkan berbagai solusi memecahkan semua masalah, rintangan dan tantangan yang terbentang dihadapan kita untuk menggapai puncak kesuksesan. (cyronium)

BACA JUGA : Cara Mencari Investor


EmoticonEmoticon